Cara Menggunakan Geany Untuk Pemrograman Pascal

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Hari ini saya akan membahas Cara Menggunakan Geany Untuk Pemrograman Pascal. Sebelumnya saya pernah membahas tentang Aplikasi Bahasa Pascal Selain Turbo Pascal. Download juga Geany dan FPC di link di bawah ini.

Oke yang pertama, saya akan memperkenalkan dulu sebuah aplikasi bahasa Pascal selain Turbo Pascal, yaitu Geany. Geany sangat mudah digunakan, grafiknya pun sangat bagus jika dibandingan dengan Turbo Pascal. Jika belum punya Geany download di link di bawah ini. Sekarang kita mulai!

Pertama download dan Install dulu Geany dan FPC (link download ada di bawah postingan)

1. Buka Geany
2. Untuk mulai membuat program Pascal, klik menu File > New (with template) > program.pas atau bisa juga klik tanda panah pada New dan pilih program.pas



2. Sekarang buatlah program yang kalian bisa untuk mencobanya. Sebagai contoh saya membuat program sederhana seperti ini untuk menampilkan kalimat


Program Sederhana


 3. Sebelum menjalankan program, simpan program tersebut dengan cara klik Save All, kemudian simpan pada satu folder kosong.


Simpan dengan klik Save All


 4. Jika sudah menyimpan, sekarang kita akan menjalankan program dengan cara klik Compile. Jika Compile success artinya program tidak ada yang error, klik Execute. Jika ada yang error, kalian bisa melihat keterangan error di panel Compiler di bagian bawah.


Compile terlebih dahulu

Compile Success

Jalankan Program dengan Execute


5. Tampilan program jika sudah success akan seperti ini.


Hasil Program ketika dijalankan


Bagaimana? Sangat mudah bukan cara menggunakan Geany? Kalian bisa membuat program sesuka hati kalian dengan Geany ini. Selamat mencoba berkreasi! Sekian dulu postingan hari ini, semoga bermanfaat. Salam Ryan Computer.

Link download Geany
Link download fpc

3 on: "Cara Menggunakan Geany Untuk Pemrograman Pascal"
  1. Makasih atas tutorial y, sekarang saya bisa menggunakan Geany.
    RC is the best

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar di bawah ini sesuai postingan, gunakan kata-kata yang baik dan benar. Terima kasih telah berkunjung di Blog saya Ryan Komputer