Aplikasi Bahasa Pascal Selain Turbo Pascal?

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Wah sudah lama sekali saya tidak posting di Blog mengingat mulainya kesibukan di kampus sampai saya jarang mau posting di Blog tercinta ini, hehe. Tapi kesibukan selama ini sudah terbayar dengan apa yang saya dapatkan beberapa hari yang lalu.

Saya akan cerita sedikit masalah kami di kelas pada saat semester 1 alias 1 tahun yang lalu. Pada semester 1 lalu ada mata kuliah yang bernama Algoritma & Pemrograman. Di mata kuliah tersebut kami di ajarkan bahasa pemrograman dasar Pascal. Di mata kuliah ini saya tidak bisa mengerti bahasa pemrogramannya, sampai empat kali pertemuan akhirnya saya mengerti secara drastis. Di sini kami menggunakan Turbo Pascal for Windows, kita singkat saja menjadi TPW. Tetapi teman2 di kelas beberapa tidak bisa menginstall TPW tersebut, setelah saya teliti ternyata yang jadi masalah adalah TPW hanya support di Windows 32 bit, sedangkan yang Windows 64 bit tidak bisa menjalankan program tersebut, untungnya saya menggunakan 32 bit karena laptop saya jenis Netbook (Axioo PICO PJM), sampai2 salah satu teman saya di kelas yang punya laptop ASUS berkata, "Kita tuker tambah laptop mau ga sama laptopmu? Punya saya ga bisa nih!", Wkwkwk...

Setelah browsing2 di Google, banyak cara menginstall Turbo Pascal di Windows 64 bit dan saya kira itu Turbo Pascal for Windows, tapi Turbo Pascal 7, dan tampilannya pun sangat tidak bagus alias jelek. Program tersebut juga harus dijalankan dengan menggunakan DOSBox, itupun banyak keluhan oleh komentator2 di Blog2 dan sering terjadi error pada saat mencoba menjalankan program tersebut.

Akhirnya mata kuliah Algoritma & Pemrograman selesai di semester 1, kami kira Turbo Pascal sudah tidak digunakan lagi di semester selanjutnya, tapi ternyata di semester 3 (sekarang) kami dihadapkan lagi dengan Struktur Data yang harus menggunakan bahasa Pascal lagi. Kebetulan laptop saya bukan yang lama, tapi OS nya 64 bit dan saya tidak menemukan driver laptop saya untuk 32 bit, jadi saya harus mencari aplikasi bahasa pascal selain Turbo Pascal. Dan akhirnya saya menemukannya! Aplikasi tersebut namanya Geany. Geany bisa digunakan dalam bahasa pascal, tapi bukan hanya itu saja, itu juga bisa bahasa html, php, C, java, dll. Geany ukurannya sangat kecil, sekitar 8 MB jadi sangat ringan jika dipakai di laptop dengan spek rendah sekalipun.

Geany
Tampilan Geany

Geany tidak dapat dijalankan tanpa Plug-ins. Sama seperti JCreator harus menggunakan Plug-ins yang disebut Javaruntime. Tapi plug-ins untuk Geany berbeda, itu harus menggunakan FPC (Free Pascal Compiler). Ukuran FPC sekitar 40 MB. Plug-ins ini berfungsi sebagai compiler pada Geany. Bagi kalian teman-teman di kampus yang ingin mencoba selain Turbo Pascal bisa di download di link di bawah ini! Kalian bisa baca artikel Cara Menggunakan Geany Untuk Pemrograman Pascal untuk cara menggunakan Geany.

Catatan : Sebelum menginstall Geany, install FPC terlebih dahulu, kemudian restart komputer kalian.

Link download Geany

Link download fpc

7 on: "Aplikasi Bahasa Pascal Selain Turbo Pascal?"
  1. Thanks ya.. aku baru semester 2 d Teknik Informatika :)

    ReplyDelete
  2. Makasih gan. Ini yg ane butuhin 😀 :D soalnya turbo pasacal g compatible sama w10 :D

    ReplyDelete
  3. gan mau tanya kalo buat 32 bit geany bisa gak? apa ada alternatif lain? .makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa2 aja kok di 32 bit, tapi mending pake Turbo Pascal klo yg 32 bit gan...

      Delete
  4. thanks gan ane coba kesel ane pake turbo pascal eh taunya ga bisa, ternyata pake ini toh...

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar di bawah ini sesuai postingan, gunakan kata-kata yang baik dan benar. Terima kasih telah berkunjung di Blog saya Ryan Komputer