Cara Jitu Mempercepat Startup Pada Windows Dengan Sempurna

Assalamu'alaikum, Wr. Wb.

Hai sobat, ketemu lagi di Blog saya Ryan Computer. Berhubung saat ini saya dalam proses UAS di kampus, saya menyempatkan diri untuk posting sesuatu yang menarik. Postingan kali ini adalah bagaimana cara mempercepat Startup pada Windows. Ketika kita hendak menyalakan laptop atau komputer, startup menjadi sangat lambat, dan pasti kalian kesal jika Startup windows sangat lama ya kan? Tentu kalian kesal, saya juga sering mengalami itu, haha... :D
Startup windows membutuhkan waktu sesuai jumlah program yang dimuat pada saat windows start. Dan jika terlalu banyak program startup, windows tidak akan memuat secepat yang kita duga. Di saat itu juga kita harus disable beberapa program startup termasuk program yang tidak penting dan membuat Startup windows menjadi lebih cepat dan ringan, sehingga kita tidak lagi kesal karena masalah loading lama ini. Beberapa Startup yang tidak penting biasanya seperti Winamp Agen, Adobe Updater, Internet Download Manager, You Cam, Skype, Yahoo Messager. Itu semua program Startup di laptop saya yang tidak penting, jadi saya selalu disable semuanya, alhasil Startup jadi lebih ringan.

Cara Jitu Mempercepat Startup Pada Windows Dengan Sempurna
Ada banyak cara yang dapat digunakan untuk mempercepat Startup Windows, tapi yang akan saya bahas di sini hanya beberapa saja yang mudah digunakan untuk sobat. Oke langsung kita bahas caranya, berikut adalah langkah2nya!

Yang pertama disable Startup melalui msconfig
  1. Buka Run / Windows+R
  2. Kemudian ketikkan msconfig
  3. Klik OK
  4. Pilih Tab Startup
  5. Centang Startup yang penting2 saja, yang tidak penting jangan centang. Bila perlu disable semua dan sisakan Startup untuk drivernya saja.
Oke cara yang pertama sudah kita bahas, cara tersebut adalah cara yang mudah dilakukan. Dan sekarang saya jelaskan cara selanjutnya, dengan Tuneup Program Deactivator. Program ini biasanya ada pada setelah sobat menginstall TuneUp. Jika belum punya TuneUp Utilites saya kasih linknya : Download TuneUp Utilites 2014 + Serial Number
  1. Buka TuneUp Program Deactivator 
  2. Disable beberapa program yang juga tidak terlalu penting. Saya biasa disable Mozilla Firefox dan Microsoft Office, karena program tersebut sangat membuat loading Startup menjadi lama.
Cara kedua sudah saya bahas, sekarang Startup sobat sudah lebih ringan dan lebih cepat. Tapi kita akan sempurnakan dengan Defragment Harddisk sobat. Defragment bisa melalui fitur dari Windows atau bisa juga dari TuneUp Utilites. Tapi di sini saya akan bahas adalah melalui TuneUp Utilites yaitu dengan TuneUp Drive Defrag. Berikut adalah langkah2nya!

  1. Buka TuneUp Drive Defrag.
  2. Centang Drive mana yang akan di Defrag. Saran saya semua lebih bagus.
  3. Klik Next, maka TuneUp Drive Defrag sedang melakukan analisa dulu.
  4. Setelah selesai analisa, sobat bisa pilih Run thorough Deframentation untuk setiap drive dan itu jika drive sobat mengalami banyak Heavy Fragmented. Tunggu hingga proses defragment selesai, biasanya akan memakan waktu beberapa jam tergantung banyak fragmented dan banyak file di harddisk sobat, apalagi harddisk dengan kapasitas besar. Tapi tenang sobat, tidak masalah menunggu lama, karena Defragment Harddisk akan mencegah terjadinya Bad Sector pada Harddisk sobat.
Defragment bisa dibilang menyatukan kembali bagian2 yang terpisah pada drive. Ketika kita menambah suatu file di drive, maka file tersebut mengisi ruang kosong begitupun seterusnya. Pada saat sobat menghapus beberapa file, drive akan banyak ruang yang berlubang2 dan tidak teratur. Ibaratnya sebuah perpustakaan, ketika kita menaruh buku sesuai ketegori maka akan mudah dicari oleh pembaca, tapi jika tidak pembaca akan bingung mencari buku2 yang ingin dia cari. Begitupun Harddisk, dilakukan Defragment agar drive tersusun kembali dengan rapi dan harddisk tidak lama dalam membaca file2 sobat.

Catatan : Lakukan Defragment sekali seminggu agar drive sobat terkontrol lebih rapi dan tidak membuat loading windows sobat menjadi lambat.

Bagaimana hasilnya? Sekarang loading windows sobat sudah sempurna, Startup jadi lebih cepat dan ringan, dan harddisk lebih cepat dalam membaca file2 sobat. Sekian dulu postingan ini, semoga bermanfaat bagi sobat dan rutin dalam mengontrol Windows. Tunggu postingan selanjutnya ya! Salam Ryan Computer.

Wassalamu'alaikum, Wr. Wb.

0 on: "Cara Jitu Mempercepat Startup Pada Windows Dengan Sempurna"

Silahkan berkomentar di bawah ini sesuai postingan, gunakan kata-kata yang baik dan benar. Terima kasih telah berkunjung di Blog saya Ryan Komputer